Kamis, 16 September 2010

Glosarium Belajar dan Pembelajaran



Ajar adalah petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut).

Ajaran adalah segala sesuatu yang diajarkan; nasihat; petuah; petunjuk; paham.

Apersepsi adalah penafsiran buah pikiran atau penyatuan suatu pengamatan dengan pengalaman yang telah dimiliki dan dengan demikian memahami dan menafsirkannya.

Belajar adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku, dan keterampilan dengan cara mengolah bahan belajar.

Belajar jarak jauh adalah cara belajar mengajar yang menggunakan media televisi, radio, kaset, modul,dan sebagainya. Pengajar dan pelajar tidak bertatap muka langsung.

Belajar tuntas adalah pendidikan atau pengajaran yang dilakukan secara menyeluruh sehingga siswa berhasil.

Berpelajaran adalah mendapat pendidikan di sekolah.

Cara belajar siswa aktif adalah anutan pembelajaran yang mengarah kepada pengoptimalisasian pelibatan intelektual, emosional sisawa dalam proses pembelajaran, dengan pelibatan fisik siswa apabila diperlukan.

Dampak pengajaran (instructional effects) adalah hasil belajar siswa yang dapat diukur dengan segera atau secara langsung.

Dampak pengiring (nurturant effect) adalah hasil belajar siswa yang tampak secara tidak langsung tau merupakan transfer hasil belajar.

Desain instruksional adlah program pengajaran yang dibuat oleh guru secara konvensional, desain instruksional dikenal adengan persiapan guru.

Evaluasi proses sistematis adalah untuk menentukan nilai sesuatu(tujuan, kegitan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, objek, dan yang lain) berdasarkan criteria tertentu melalui penilaian.

Evaluasi hasil belajar proses adalah untuk menetukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran hasil belajar.

Evaluasi Pembelajaran adalah penetuan hasil yang dicapai siswa setelah melalui proses yang berlangsung secara berkesinambungan.

Evaluasi pembelajaran proses adalah untuk menetukan jasa, nilai atau manfaat kegiatan pemblejaran melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran.

Guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.

Guru baku adalah guru tetap pada sekolah-sekolah pelatihan guru.

Guru Bantu adalah guru pembantu pada sekolah rendah (pada jaman penjajahan; guru menolong).

Guru besar adalah pangkat guru pada perguruan tinggi; professor.

Guru honorer adalah guru yang tidak digaji sebagai guru tetap, tapi menerima honorarium berdasarkan jumlah jam pelajaran yang diberikan.

Guru kepala adalah kepala sekolah.

Guru sekolah adalah guru yang mengaja di sekolah.

Guru tetap adalah guru yang digaji secara tetap setiap bulan.

Interaksi pembelajaran adalah proses komunikasi antara dua individu atau lebih yang terjadi bila ada sumbu yang memberikan atau menyampaikan pesan dan ada yang menerima pesan.

Kelas adalah ruang tempat belajar di sekolah.

Keterpelajaran adalah hal terpelajar.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakna sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (UU-SPN pasal 1).

Masalah Belajar adalah kesukaran atau hambatan yang menghalangi terjadinya belajar.

Membelajarkan adalah menjadikan bahan atau kegiatan belajar.

Mempelajari adalah belajar (sesuatu) dengan sungguh-sungguh; mendalami sesuatu; menelaah; menyelidiki.

Mengajar adalah memberi pelajaran.

Mengajari adalah mengajar kepada;

Mengajarkan adalah memberikan peljaran kepada;

Mengajar mikro adalah teknik pelatihan mengajar yang jumlah muridnya dibatasi misalnya 5-10 orang.

Mengajar remedial adalah pengajaran yang diberikan khusus untukmemperbaiki kesulitan belajar yang dialami murid.

Metacognition skills adalah kemampuan untuk mengendalikan pikiran sendiri dan menyadari proses kognitif itu sendiri

Metoda Belajar adalah cara yang digunakan dalam mencari atau meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap atau kemampuan pada umumnya yang dilakukan secara logis dan sistematis.

Metode Bercerita adalah suatu cara mengajar yang dicirikan oleh penyampaian materi oleh guru dengan cara bercerita. Kegiatan seperti ini membantu anak berimajinasi.

Metode diskusi adalah suaru cara mengajar yang dicirikan oleh suatu ketertarikan pada suatu topik atau pokok, pertanyaan atau problema, di mana para peserta diskusi dengan jujur berusaha untuk mencapai atau memperoleh suatu keputusan atau pendapat yang disepakati bersama.

Metode ceramah adalah suatu cara penyampaian atau penyajian bahan pelajaran dengan alat perantara berupa suara. Atau dapat pula dikatakan, suatu cara penyampain bahan pelajaran secara lisan.

Metode demonstrasi adalah suatu cara menyajiakn bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya, atau caranya melakukan sesuatu atau mempertunjukkan prosesnya.

Metode latihan adalah satu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh, dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu keterampilan, agar menjadi bersifat permanen.

Metode pelajaran adalah suatu kegiatan mengajar yang menggunakan buku pelajaran sebagai alat untuk menyampaikan bahan pelajaran yang harus dikuasai murid.

Metode tanya-jawab adalah suatu cara untuk menyampaikan atau menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk pertanyaan dari guru yang harus dijawab oleh murid.

Metode tugas adalah suatu cara mengajar yang dicirikan oleh adanya kegiatan perencanaan antara murid dengan guru mengenai suatu persoalan atau problema yang harus diselesaikan/dikuasai oleh murid dalam jangka waktu tertentu yang disepakati bersama antara murid dengan guru.

Metodologi pengajaran adalah suatu ilmu mengenai prinsip-prinsip suatu prosedur (cara) mengajar.

Motivasi adalah tenaga pendorong yang menggerakan dan mengarahkan aktivitas seseorang.

Motivasi Internal, artinya tenaga pendorong yang datang dari diri sendiri.

Motivasi eksternal, artinya tenaga pendorong yang datang dari orang lain, dari guru, orang tua, teman, dan sebagainya.

Motivasi Intrinsik adalah tenaga pendorong yang sesuai dengan perbuatan yang dilakukan sebagai contoh, seorang siswa yang dengan sungguh-sungguh mempelajari mata pelajaran di sekolah karena ingin memiliki pengetahuan yang dipelajarinya.

Motivasi Ekstrinsik adalah tenaga pendorong yang ada di luar perbuatan atau tidak ada hubungan langsung dengan perbuatan yang dilakukannya, tetapi menjadi penyertanya.

Motivasi Primer adalah motivasi yang didasarkan pada kebutuhan jasmani atau biologis, misalnya kebutuhan makan.

Motivasi sekunder adalah motivasi yang didasarkan pada kebutuhan yang dipelajari. Misalnya, untuk memperoleh makan orang harus bekerja, bekerja tersebut harus dipelajari.

Pebelajar adalah subjek yang belajar. Penggunaan istilah pebelajar tersebut untuk menekankan bahwa belajar bersifat aktif.

Pelajar adalah anak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa.

Pelajaran adalah yang dipelajari atau diajarkan; latihan.

Pembelajar adalah subjek (guru) yang mengajar atau membelajarkan pebelajar (siswa). Penggunaan istilah ini bermaksud menekan bahwa guru yang membelajarkan siswa akan menggunaka berbagai upaya agar siswa sungguh belajar secara aktif.

Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan kepada pada penyediaan sumber belajar.

Pendekatan keterampilan proses (PKP) adalah wawasan atau urutan pengembangan keterampilan-keterampilan intelektual, social, dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang pada prinsipnya telah ada dalam diri siswa (Depdikbud).

Pengajar adalah orang yang mengajar seperti guru dan pelatih.

Pengajaran adalah proses, cara, perbuatan mengajar atau mengajarkan; perihal mengajar; segala sesuatu mengenai pengajar; peringatan (tentang pengalaman, peristiwa yang dialami atau dilihatnya).

Penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku, yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali tingkah laku tersebut.

Penilaian adalah mencari dan menetapkan sebab-sebab suatu kegagalan, sehingga dapatlah diadakan perubahan-perubahan seperlunya, dan bukanlah semata-mata untuk menentukan “lulus atau tidak lulus”.

Pemelajaran adalah proses, cara, perbuatan mempelajari;

Pengolahan pesan adalah tindakan guru membelajarkan siswa sehingga siswa memperoleh isi ajaran dengan menggunakan ranah kognitif, afektif, dan

psikomotor.

Perguruan adalah sekolah; gedung-gedung tempat belajar.

Perkembangan mental adalah perubahan mental akibat kesiapan jasmani dan belajar.

Pertumbuhan jasmani adalah perubahan jasmani yang belajar sebagai akibat terpenuhi kebutuhan makan, minum, dan kebutuhan lainnya.

Ranah Kognitif adalah segi kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan, penalaran, atau pikiran. Menurut Bloom, ranah kognitif terdiri dari enam kategori, yaitu (1) pengetahuan, (2) pemahaman, (3) penerapan, (4) analisis, (5) sintesis, dan (6) evaluasi.

Ranah afektif adalah kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran.

Ranah psikomotor adalah kemampuan yang mengutamakna keterampilan jasmani.

Sarana Pengajaran adalah alat-alat bantu yang membantu dalam pencapaian tujuan dalam proses pendidikan agar lebih baik.

Sekolah adalah salah asatu arena persaingan.

Sumber Belajar adalah suatu lingkungan belajar yang dirancang secara khusus denagn maksud membangkitkan semangat siswa untuk menggunakan berbagai media pembelajaran yang mengajak siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar.

Teknologi pembelajaran adalah suatu metode yang baik untuk menyebarkanluaskan sumber-sumber belajar karena teknologi pembelajaran menggunakan teknik-teknik yang dapat dipercaya, dapat ditiru, dan dapat didokumentasikan secara baik untuk menyalurkan atau menyampaikan informasi.

Terpelajar adalah mendapat pelajaran di sekolah.

Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang ingin dicapai oleh anak didik setelah mereka mengikuti suatu kegiatan pembelajaran.